Download

google_language = ‘en’

Obama: Indonesia Bagian dari Diri Saya

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendapat sambutan meriah dalam pidato di Universitas Indonesia. Obama tak lupa memulai pidato dengan mengucapkan selamat dalam Bahasa Indonesia. "Selamat Pagi, Assalamualaikum" kata Obama. Tepuk tangan langsung membahana di Balairung UI dalam acara yang dimulai pukul 09.20, Rabu 10 November 2010 itu. "Pulang kampung nih," kata Obama. Dan kali ini aplaus lebih dahsyat diterimanya. Hampir satu menit tepuk tangan membahana. Obama kemudian melanjutkan dengan Bahasa Inggris. "Saya sangat senang bisa ke sini bersama Michelle. Saya senang bisa ke negeri yang berarti banyak pada saya," katanya. Obama lalu mengucapkan duka cita pada korban bencana-bencana alam di Indonesia. Obama menyatakan, negerinya siap membantu Indonesia. "Saya tahu kekuatan dan ketahanan rakyat Indonesia diuji sekali lagi," katanya. Setelah itu barulah Obama menyatakan dalam Bahasa Indonesia, "Indonesia bagian dari diri saya." Obama menyatakan, saat datang di Indonesia pada tahun 1967, sebagai seorang anak kecil, Jakarta dilihatnya sangat berbeda dengan yang hari ini. "Hotel Indonesia hanya satu dari sedikit gedung tinggi (saat itu)," katanya. "Pusat perbelanjaan hanya satu, Sarinah," katanya. Banyak becak dan bemo di mana-mana, kata Obama.

Obama: AS Tidak Sedang Berperang dengan Islam

Menggenapi kunjungannya ke Masjid Istiqlal, dalam pidatonya, Barack Obama menekankan usahanya untuk memperbaiki hubungan Amerika Serikat dengan dunia Islam. Tak hanya dengan ucapan 'Assalamualaikum" dan "Salam Sejahtera' di awal pidatonya. Tapi juga dengan sebuah komitmen, "sebagai presiden, saya memulai perbaikan hubungan antara AS dan dunia muslim," kata Obama, diikuti tepukan riuh hadirin di Kampus Universitas Indonesia, Rabu 10 November 2010. Kata Obama, era ini adalah lembaran baru. "Saya yakin kita bisa mengenyampingkan rasa curiga dan ketidakpercayaan," kata Obama. Obama lantas memuji "Bhinneka Tunggal Ika", berbeda tapi tetap satu - konsep toleransi yang dianut Indonesia. Meski berpredikat sebagai negara dengan umat muslim terbesar di dunia, kata Obama, pemeluk agama lain bisa melaksanakan ibadahnya dengan baik. Soal kebijakan Amerika Serikat memerangi organisasi teroris, Al Qaeda dan segala turunannya, Obama mengatakan itu terus dilakukan. Kata dia, tak boleh ada tempat aman bagi para teroris. Namun ditekankan oleh Obama, "Amerika tidak sedang berperang dengan Islam." Obama juga mengatakan, komitmen Amerika menciptakan perdamaian dunia di Timur Tengah bisa dilihat di Irak. "Dalam masa kepemimpinan saya, 100.000 tentara meninggalkan Irak," kata dia diikuti tepukan riuh. Sebelumnya, Obama mengaku mengenal Indonesia dan Islam di masa kecilnya. Dan jangan lupa, dua ayah Obama - ayah kandung, Barack Hussein Obama dan ayah tirinya, Lolo Soetoro adalah muslim. Dalam pidatonya, Obama sempat mengatakan, sosok Lolo Soetoro yang warga negara Indonesia, mengajarkan padanya soal toleransi.

Sumber: Vivanews.com, rabu, 10-11-2010

Comments :

0 komentar to “Obama: Indonesia Bagian dari Diri Saya”

Post a Comment